-->

Program Sahabat Quran di Bulan Ramadan 1444 Hijriah


Sedekah adalah satu di antara amalan ibadah lainnya yang sangat dicintai oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Sedekah juga memiliki ganjaran pahala cukup besar. Allah subhanahu wa ta'ala memuji orang-orang yang bersedekah—tidak hanya dalam satu ayat saja, melainkan di beberapa ayat di alquran.

Seperti dalam surah Al-Baqarah ayat 3 yang artinya,
"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka."

Tidak hanya di alquran saja, beberapa hadist Rasulullah ﷺ juga menyampaikan mengenai sedekah.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadist riwayat Ibnu al-Mubarak yang artinya,

"Tidaklah seorang hamba memperbaiki sedekahnya kecuali Allah memperbaiki pengganti atas harta tinggalannya."

Melakukan sedekah bisa dalam bentuk apa saja, baik itu berbentuk harta, materi, atau segala sesuatu yang bersifat nonmateri. Memberikan senyuman kepada orang lain juga bisa disebut sebagai sedekah, loh!

Oh iya, berhubung sekarang hari Jum'at—melansir dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa keutamaan sedekah di hari Jum'at, nih! Apa saja, ya? Silakan simak informasinya di bawah ini.

1. Diberikan Pahala Berlimpah
Keutamaan sedekah di hari Jum'at yang pertama adalah diberikan pahala berlimpah. Apalagi jika kalian bersedekah pada hari Jum'at. Di mana seperti diketahui, hari Jum'at merupakan hari yang istimewa khususnya bagi umat Islam.

Karenanya, segala perbuatan baik yang dilakukan akan bernilai kebaikan. Tak terkecuali melakukan sedekah di hari Jumat yang akan menjadi ladang pahala sebagaimana juga sunnah Rasulullah Salallahu 'Alaihi Wasallam.

2. Setara Pahala Sedekah di Bulan Ramadan
Keutamaan sedekah di hari Jumat yang kedua yakni setara dengan keutamaan sedekah di bulan Ramadan. Di bulan penuh berkah tersebut tentunya memiliki nilai kebaikan dan amalan yang begitu mulia. Sedekah di hari Jumat pun juga akan bernilai sama. Sebagaimana tertulis dalam hadis yang artinya,

Ibnu Qayyim berkata, "Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadan dibandingkan sedekah di bulan–bulan selainnya".

3. Membuka Pintu Rezeki
Keutamaan sedekah di hari Jumat yang ketiga adalah dapat membuka pintu rezeki. Sedekah adalah satu di antara berbagai cara yang dapat membuka pintu rezeki seseorang. Begitu pula sedekah di hari Jumat. Bersedekah tidak akan mengurangi jumlah harta kekayaan kalian sedikit pun.

Sebaliknya sedekah justru dapat membuka pintu rezeki selebar-lebarnya. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW yang artinya,

"Barang siapa yang orientasinya adalah urusan akhirat, niscaya Allah meletakkan kekayaannya di dalam jiwanya. Sebagaimana Allah juga akan menyatukan urusannya dan kekayaan dunia akan menghampirinya dengan mudah.

Namun sebaliknya, orang yang orientasinya adalah urusan dunia, niscaya Allah jadikan kemiskinannya ada di depan matanya. Sebagaimana Allah juga mencerai-beraikan urusannya dan tiada kekayaan dunia yang menghampirinya selain yang telah Allah tentukan untuknya." (HR. At Tirmidzi dan lainnya).

4. Dianjurkan Melakukan Amalan Baik
Dianjurkan bagi umat Islam untuk memperbanyak sedekah dan beramal baik di hari Jumat atau malam Jumat. Selain itu, umat Islam juga bisa memperbanyak sholawat Rasulullah SAW di malam atau siang hari Jumat. Sebagaimana yang dijelaskan berikut ini:

"Sesungguhnya hari yang paling afdal adalah hari Jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca selawat untukku. Karena selawat kalian diperlihatan kepadaku." (Al-Iqna', 1/170)

5. Memperkuat Tali Silahturahmi
Sebagai makhluk sosial, tidak akan pernah lepas dari masyarakat. Apalagi sebagai makhluk ciptaan-Nya, tidak pernah bisa mengetahui kapan kita membutuhkan bantuan dari orang lain. Dengan memperbanyak sedekah, kalian bisa memiliki keluarga baru, kerabat baru atau teman baru.

6. Dibalas 700 Kali Lipat
Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran Surah Al-Baqarah ayat 261 yang artinya,

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Dalam ayat tersebut, Allah Subhanahu Wa Ta'ala dengan jelas menyebutkan perhitungan sistematis atas apa yang sudah hamba-Nya keluarkan dari harta untuk bersedekah. Apabila dari perhitungan matematis berdasarkan ayat di atas, sedekah yang sudah diberikan khususnya untuk hari Jumat akan dibalas hingga 700 kali lipat dan Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga menekankan akan membalas sedekah untuk siapa pun yang Allah Subhanahu Wa Ta'ala kehendaki.

7. Mendapatkan Limpahan Karunia
Keutamaan sedekah di hari Jumat yang berikutnya adalah akan mendatangkan limpahan karunia dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dalam ajaran agama Islam, hari Jumat adalah hari yang memiliki nilai sangat spesial. Sehingga tidak mengherankan sedekah pada hari Jumat akan mendapatkan limpahan karunia dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

8. Anjuran Rasulullah Salallahu 'Alaihi Wasallam
Sedekah di hari Jumat merupakan satu di antara anjuran Rasulullah SAW. Sebagaimana jenis amalan yang lainnya. Alam Tuhfah al-Habib 'ala Syarh al-Khatib tentang hari Jumat disebutkan jika:

"Disunahkan memperbanyak sedekah dan berbuat kebaikan di siang dan malam hari Jumat. Juga disunahkan memperbanyak salat atas Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam di siang dan malam harinya berdasarkan khobar."

Oh iya, bicara soal sedekah, tak terasa tamu agung (bulan Ramadan) akan segera tiba, semoga kita masih diberi kesempatan untuk jumpa dengannya.

Untuk menyongsong bulan suci Ramadan 1444 hijriah. Sahabat Quran ada 4 program yang insyaa Allah akan dijalankan, yaitu :
1. alquran untuk tadarus ramadan,
2. kado untuk guru ngaji,
3. kado cinta untuk yatim-piatu,
4. dan buka bersama santri TPA.

Semoga Allah mudahkan niat baik kita semua.

Marhaban ya ramadan.

Bagi sahabat donatur yang ingin menjadi bagian dari Program Ramadan 1444 H Sahabat Quran, bisa kirimkan ke rekening donasi BSI 7074105477 a.n Muhammad Hamdani atau hubungi nomor 085273995899. [IDM]

0 Response to "Program Sahabat Quran di Bulan Ramadan 1444 Hijriah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel