-->

Dispusip Lamsel Gelar Bimtek Pengelolaan Perpusdes di Aula Sebuku Rumdin Bupati Lamsel

Dokumentasi Perpustakaan Mata Batu

Dalam rangka mencerdaskan masyarakat kabupaten Lampung Selatan melalui pengelolaan perpustakaan desa sebagai penyedia akses informasi masyarakat desa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan Tingkat Daerah Kabupaten Tahun 2023 dalam bentuk Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Desa dengan Tema "Transformasi Perpustakaan Desa untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat."

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (13/07/2023), pukul 09.00 WIB s.d Selesai di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan, yang menghadirkan dua narasumber, yakni Ibu Septiana, S.E., M.M. (Pustakawan Madya) dan Bapak Drs. Saripudin, M.M (Pustakawan Ahli Madya).

Dengan penuh harapan, semua peserta memiliki tekad yang kuat untuk memperbaiki perpustakaan menjadi tempat yang nyaman, aman, dan menyenangkan bagi masyarakat, serta berusaha untuk mengimplementasikan ide-ide inovatif yang didapatkan melalui bimtek ini.

Pada kesempatan ini, Perpustakaan Mata Batu berkesempatan hadir yang diwakilkan oleh Ketua perpustakaannya sendiri, Irma Dewi Meilinda, dan Operator Desa, Eva.

Dalam bimtek ini, peserta mendapatkan pengetahuan yang berharga tentang praktik terbaik dalam pengelolaan perpustakaan; belajar tentang pengorganisasian koleksi buku yang efisien, strategi promosi minat baca, serta penggunaan teknologi untuk meningkatkan layanan perpustakaan.

Dengan menerapkan pengetahuan ini, perpustakaan ke depannya akan bertransformasi menjadi tempat yang menarik bagi masyarakat dan akan menghadirkan suasana yang menyenangkan dengan menyediakan fasilitas yang modern, nyaman, dan ramah pengunjung. Ruang baca yang terang, kursi yang ergonomis, dan area bermain untuk anak-anak menjadi bagian dari perpustakaan yang baru.

Dokumentasi Perpustakaan Mata Batu

Tidak hanya itu, para narasumber berharap peserta dapat berkomitmen untuk mengembangkan minat baca masyarakat dengan meluncurkan program-program inovatif seperti klub buku, lokakarya, diskusi, bedah buku, dan program lainnya. Dengan adanya kegiatan-kegiatan ini, masyarakat semakin tertarik untuk datang ke perpustakaan dan mengeksplorasi dunia pengetahuan.

Melalui usaha ini, perpustakaan tidak hanya menjadi tempat untuk membaca buku, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran dan inspirasi. Masyarakat dapat mengembangkan kreativitas dan meningkatkan pengetahuan melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan di perpustakaan.

Dengan semangat baru ini, perpustakaan mampu melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Minat baca yang meningkat akan menghasilkan masyarakat yang terdidik, kreatif, dan berpikiran terbuka.

Dengan demikian, melalui partisipasi dalam bimtek ini, perpustakaan dan masyarakatnya berharap dapat terus berbenah dan berkembang. Dengan semakin nyaman, aman, dan menyenangkan, perpustakaan menjadi tempat yang dicintai oleh masyarakat, yang mendorong pertumbuhan intelektual dan menciptakan masa depan yang cerah bagi semua orang.

Salam Literasi 👆🏻
Literasi untuk kesejahteraan!

Penulis : Irma Dewi Meilinda

0 Response to "Dispusip Lamsel Gelar Bimtek Pengelolaan Perpusdes di Aula Sebuku Rumdin Bupati Lamsel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel